RAHRAHRAHRAH SINGKAT BUMI WAKAF PONDOK PESANTREN WAKAF DARUNNAJAH ASAHAN
Berawal dari Rumah Tahfidz Al-Quran (RTA) dan Madrasah Diniyyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) di bawah naungan yayasan Al Intishorul Bahri.. Kegiatan pembelajaran yang telah berjalan lebih kurang enam tahun lamanya dan telah banyak berkonstribusi terhadap berlangsungnya pendidikan agama di tengah-tengah masyarakat, menumbuhkan niat yang kuat pada keluarga yayasan untuk mengembangkan pendidikan yang lebih terstruktur dan terukur sehingga bisa menjangkau daerah yang lebih luas dan dapat memberikan manfaat lebih banyak bagi masyarakat sekitar secara khusus, dan secara umum bagi masyarakat Sumatera Utara.
Untuk mewujudkan niat tersebut, maka keluarga mengajak tokoh masyarakat, praktisi pendidikan, dan masyarakat yang peduli dengan pendidikan Islam untuk bersama-sama mendirikan sebuah pesantren wakaf di lokasi tersebut. Diawali dengan pembentukan Badan Kenadziran Wakaf yang telah dideklarasikan pada tanggal 28 September 2023, maka secara sah keluarga yang diwakili oleh bapak Mayor Laut (P) Nabil menyerahkan sepenuhnya tanah dan bangunan yang berada di lokasi tersebut seluas 4,5 rante dan 9 hektar yang berada di daerah Sungai Tempurung untuk dijadikan pesantren wakaf yang diberi nama Darunnajah Asahan.
Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Pesantren Wakaf Darunnajah Asahan akan memulai proses pendidikannya pada tahun ajaran 2024/2025 di lokasi yang beralamat di jalan Perintis Kemerdekaan km..8.5 dusun X desa Sei Lama kecamatan Simpang Empat kabupaten Asahan provinsi Sumatera Utara .
B. VISI DAN MISI PONDOK PESANTREN WAKAF DARUNNAJAH ASAHAN
Visi
Sebagai lembaga pendidikan pencetak kader-kader pemimpin qurani yang unggul dalam akhlak, IPTEK, keterampilan, dan memiliki kesehatan prima
Misi
Membentuk generasi yang unggul menuju terbentuknya khaira ummah.
Mendidik dan mengembangkan generasi mukmin-muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengeta-huan luas, dan berpikiran bebas, serta berkhidmat kepada masyarakat.
Mengajarkan ilmu pengetahuan agama dan umum secara seimbang menuju terbentuknya ulama yang intelek.
Mewujudkan warga negara yang berkepribadian Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
Terwujudnya generasi yang unggul menuju terbentuknya khaira ummah.
Terbentuknya generasi mukmin-muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, dan berpikiran bebas, serta berkhidmat kepada masyarakat.
Lahirnya ulama intelek yang memiliki keseimbangan dzikir dan pikir.
Terwujudnya warga negara yang berkepribadian Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
Berbudi tinggi
Berbadan sehat
Berpengetahuan luas
Berpikiran bebas
Beramal Ikhlas
Keikhlasan
Kesederhanaan
Berdikari
Ukhuwah Islamiyah
Jiwa Bebas
Pendidikan dan Pengajaran
Kaderisasi
Pergedungan
Pengadaan Sumber Dana
Kesejahteraan Keluarga Pondok
Keislaman
Keilmuan
Kemasyarakatan
Kehidupan Pondok dengan segala totalitasnya menjadi media pembelajaran dan pendidikan.
Pendidikan berbasis komunitas: segala yang didengar, dilihat, dirasakan, dikerjakan, dan dialami oleh para santri dan warga Pondok dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Mukmin, muslim, muhsin.
Komit pada perjuangan.
Perekat ummat.
Berjiwa guru.
Warga negara yang baik.
Kurikulum KMI terdiri dari Ilmu Pengetahuan Umum 100%, Ilmu Pengetahuan Agama 100%.
Hal ini menunjukkan bahwa antara ilmu agama dan umum tidak dapat dipisahkan, semuanya ilmu Islam. Semua bersumber dari Allah dengan segala ciptaan-Nya atau segala sesuatu yang lahir dari ciptaan-Nya.
Secara mendasar, tujuan pengajaran kedua macam ilmu tersebut adalah untuk membekali siswa dengan dasar-dasar ilmu menuju kesempurnaan menjadi ‘abid dan khalifah.
Kurikulum KMI tidak terbatas pada pelajaran di kelas saja, melainkan keseluruhan kegiatan di dalam dan di luar kelas merupakan proses pendidik-an yang tak terpisahkan.
Bahasa Arab
‘Ulum Islamiyah; utk kls II ke atas menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar.
Keguruan
Bahasa Inggris
Ilmu Pasti; Matematika dan IPA
Ilmu Pengetahuan Sosial
Keindonesiaan/Kewarganegaraan
C. PROGRAM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN WAKAF DARUNNAJAH ASAHAN
Kulliyyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI): Program KMI menggunakan kurikulum Pondok Modern Gontor dengan beberapa pengembangan dan penyesuaian dengan masa belajar selama 6 tahun untuk santri tamatan SD/MI dan 4 tahun untuk santri tamatan SMP/MTs.
Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah (MTs/MA): Program ini menggunakan kurikulum Kementerian Agama.
D. 8 KOMPETENSI WAJIB SANTRI PONDOK PESANTREN WAKAF DARUNNAJAH ASAHAN
Bahasa
Tahfidz
Qiraatul Kutub
Fardhu Kifayah
Ibadah Amaliyah
Ceramah/Pidato
Olahraga
Seni
E. PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PONDOK PESANTREN WAKAF DARUNNAJAH ASAHAN
Pendidik dan Pengasuh di Pondok Pesantren Wakaf Darunnajah Asahan ini berasal dari alumni berbagai Perguruan Tinggi dan alumni berbagai pesantren di Sumatera dan Luar Sumatera. Namun mayoritas berasal dari Pesantren Modern sesuai program pendidikan dan 8 Kompetensi wajib bagi santri Pesantren Wakaf ini.